Pentingnya Targeting Market Audience

Pentingnya Targeting Market Audience


Mungkin Anda pernah mendengar saran sebagai berikut: "Sekarang jamannya serba online, jadi sekarang itu wajib punya website supaya perusahaannya bisa tetap eksis". Memang pernyataan ini ada benarnya, akan tetapi terkadang orang lupa bahwa website itu layaknya sebuah alamat saja saja.

Sama halnya seperti di dunia offline, dimana semua jenis usaha pasti punya lokasi alamat tempat usaha, tetap saja diperlukan upaya promosi atau yang lebih kita kenal dengan marketing. Meskipun Anda menjual pangsit mie ayam yang benar-benar nikmat dan murah namun jika tidak ada upaya promosi maka tidak ada seorangpun yang akan datang untuk membeli.

Kegiatan promosi atau marketing ini ilmunya tetap sama, ada barang / jasa yang dijual yang ditujukan untuk segmen market tertentu. Karena akan tidak masuk akal rasanya jika kita menawarkan daging sapi misalnya kepada penjual pangsit mie ayam, atau menjual shampoo ke orang yang gundul kepalanya. Oleh karena itu memiliki website saja tidaklah cukup untuk dapat menaikkan omzet sebuah usaha bisnis. Diperlukan riset mengenai kata kunci yang tepat, audience (lokasi, gender, umur, pekerjaan, dll) yang sesuai serta konten yang menunjang.

RoRiz Media telah membantu beberapa klien seperti Harmonika Gate, sebuah pabrik pintu harmonika berlokasi di Surabaya, untuk memperkecil target market guna mendapatkan klien yang tepat.

Pada awalnya biaya iklan yang dikeluarkan cukup besar tapi iklan tidak tepat, tidak semua orang yang berkunjung hendak berniat membeli pintu harmonika. Pada perubahan settingan yang ke-2 lokasi tidak tepat, beberapa penelpon berniat memasang 1 unit pintu harmonika namun lokasi terlalu jauh dari Surabaya, otomatis harga jauh lebih mahal dari kompetitor karena ongkos transportasi lebih banyak. Pada settingan berikutnya barulah didapatkan target market audience yang tepat.

Oleh karena itu jika Anda ditawarkan untuk membuat website bagi perusahaan Anda, hitunglah hingga berapa biaya yang Anda mau dan sanggup keluarkan untuk pembuatan hingga biaya mempromosikannnya. Namun pastikan Anda mengenal target market audience Anda terlebih dahulu agar biaya yang Anda keluarkan tepat sasaran dan tidak mubazir atau lebih sering disebut boncos.